Call Us Today

0811 2620 515

PROSEDUR PROSES SERTIFIKASI ISO UNTUK BISNIS ANDA – JASA SERTIFIKASI ISO

proses sertifikasi iso

Sebelum masuk ke dalam pembahasan terkait prosedur dan proses Sertifikasi ISO, kita harus tahu dulu pengertian lengkap tentang ISO (International Organization for Standardization) adalah suatu bentuk pengakuan yang diberikan kepada organisasi atau perusahaan yang telah memenuhi standar kualitas internasional yang ditetapkan oleh ISO. Sertifikasi ISO adalah bukti komitmen terhadap kualitas, efisiensi, dan keberlanjutan. Proses sertifikasi ISO melibatkan serangkaian langkah yang harus diikuti dengan cermat. Artikel ini akan menguraikan prosedur umum yang harus diikuti untuk mendapatkan sertifikasi ISO.

proses sertifikasi iso

PROSEDUR DAN PROSES SERTIFIKASI ISO

Langkah 1: Pemahaman tentang Standar ISO

Proses sertifikasi ISO dimulai dengan pemahaman tentang standar ISO yang ingin diikuti. Organisasi harus memahami persyaratan standar yang relevan dengan jenis bisnis atau sektor mereka. Standar yang umum digunakan meliputi ISO 9001 (Manajemen Mutu), ISO 14001 (Manajemen Lingkungan), dan ISO 27001 (Manajemen Keamanan Informasi).

Langkah 2: Penilaian Awal

Setelah memahami standar yang relevan, organisasi dapat melakukan penilaian awal untuk menilai sejauh mana mereka sudah memenuhi persyaratan tersebut. Ini dapat melibatkan pemeriksaan internal atau pihak ketiga yang independen untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan.

Langkah 3: Perencanaan

Organisasi harus merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan standar ISO. Ini mungkin melibatkan pengembangan prosedur, pelatihan karyawan, dan pengimplementasian perubahan yang diperlukan.

Langkah 4: Implementasi

Proses implementasi melibatkan penerapan perubahan dan perbaikan yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan standar ISO. Ini dapat mencakup pembuatan dokumentasi, pengujian prosedur baru, dan pelaksanaan sistem manajemen yang sesuai.

Langkah 5: Audit Internal

Setelah implementasi, organisasi harus melakukan audit internal untuk memeriksa sejauh mana sistem memenuhi persyaratan ISO. Audit internal dilakukan oleh tim internal yang independen dan berpengalaman dalam standar ISO yang relevan.

Langkah 6: Audit Eksternal

Setelah berhasil melewati audit internal, organisasi dapat mengundang lembaga sertifikasi pihak ketiga untuk melakukan audit eksternal. Auditor eksternal akan mengevaluasi sistem manajemen dan prosedur organisasi untuk memastikan mereka mematuhi standar ISO.

Langkah 7: Tindak Lanjut

Jika ada temuan selama audit eksternal, organisasi harus mengambil tindakan korektif dan pencegahan yang diperlukan untuk memperbaiki ketidaksesuaian. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa sistem memenuhi standar ISO.

Langkah 8: Sertifikasi

Setelah berhasil melewati audit eksternal dan mengatasi semua temuan, organisasi akan diberikan sertifikasi ISO. Sertifikat ini menunjukkan bahwa organisasi telah memenuhi standar ISO yang relevan dan dapat digunakan untuk meningkatkan reputasi dan kepercayaan pelanggan.

Langkah 9: Pemeliharaan

Sertifikasi ISO bukanlah pencapaian akhir, melainkan komitmen berkelanjutan untuk mempertahankan standar kualitas. Organisasi harus terus memelihara sistem manajemen dan melakukan audit internal secara berkala.

Proses sertifikasi ISO adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi organisasi. Dengan mengikuti prosedur-prosedur ini dengan cermat, organisasi dapat mencapai sertifikasi ISO dan mendapatkan manfaatnya, seperti peningkatan reputasi, kepercayaan pelanggan, dan efisiensi operasional yang lebih baik. Sertifikasi ISO bukan hanya tentang mendapatkan sertifikat, tetapi juga tentang komitmen terhadap kualitas yang berkelanjutan.

PERBEDAAN PROSES SERTIFIKASI ISO TAHAP PERCEPATAN DAN IMPLEMENTASI

Sertifikasi ISO dengan Percepatan adalah prosedur iso yang langsung ke tahap sertifikasi tanpa adanya implementasi ISO terlebih dahulu. Biasanya proses ini untuk keperluan mendapatkan pekerjaan seperti tender, persyaratan pekerjaan, dll.

PROSES SERTIFIKASI ISO TAHAP PERCEPATAN

Berikut prosedur untuk Sertifikasi Percepatan ISO :

  1. Analisis kebutuhan sertifikasi (Pemilihan standart sertifikasi / lembaga)
  2. Melengkapi berkas dokumen untuk Sertifikasi
  3. Pembuatan draft sertifikasi, sebelum dicetak perusahaan akan mendapatkan terlebih dahulu draft sertifikasi untuk meneliti kelengkapannya.
  4. Cetak sertifikasi

PROSES SERTIFIKASI ISO TAHAP IMPLEMENTASI

Sedangkan Tahapan Prosedur untuk Sertifikasi ISO dengan Implementasi sebagai berikut :

  1. Analisis kebutuhan sertifikasi seperti Pemilihan Standart Sertifikasi apa yang diperlukan, dan juga Lembaga apa yang akan dipilih
  2. Pembuatan jadwal maindays. Hal ini akan dibantu oleh Tim Marketing PT MSI
  3. Proses pembuatan dokumen Perusahaan (SOP, dll)
  4. Implementasi
  5. Training Awareness
  6. Pembentukan Internal Audit
  7. Audit dari Lembaga
  8. Cetak Sertifikat

PERBEDAAN

Berikut perbedaan signifikan antara Proses Percepatan dan Implementasi Sertifikasi ISO :

  1. Waktu, pada tahap Percepatan sesuai dengan Namanya bahwa Sertifikasi ini hanya memerlukan waktu yang cukup singkat. Sedangkan untuk Sertifikasi ISO dengan Implementasi memerlukan waktu yang relative lebih lama, tergantung dari waktu maindays dan juga Audit dari Lembaga.
  2. Pada Sertifikasi ISO dengan Percepatan, Perusahaan anda dapat bantuan untuk pembuatan dokumen, sehingga hal ini akan mempermudah anda
  3. Pada Sertifikasi ISO dengan percepatan tidak melalui tahap implementasi terlebih dahulu.
jasa sertifikasi iso

JASA SERTIFIKASI ISO

Jasa sertifikasi ISO adalah layanan yang disediakan oleh organisasi sertifikasi independen untuk mengaudit dan memverifikasi bahwa suatu perusahaan atau organisasi telah mematuhi standar ISO (International Organization for Standardization) yang relevan. Sertifikasi ISO menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memenuhi persyaratan kualitas, keamanan, keberlanjutan, atau standar lainnya yang telah ditetapkan oleh ISO. Hal ini dapat membantu perusahaan meningkatkan reputasi, kepercayaan pelanggan, dan akses ke pasar global.

TUJUAN DAN MANFAAT MENGGUNAKAN JASA SERTIFIKASI ISO

  1. Meningkatkan Kualitas Bisnis Anda
  2. Meningkatkan Keamanan Informasi atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Perusahaan
  3. Memenuhi regulasi dan persyaratan hukum yang berlaku di Indonesia dan luar negeri.
  4. Meningkatkan kepercayaan pelanggan tentang produk atau layanan karena telah memenuhi standar internasional yang ketat.
  5. Akses ke pasar global lebih mudah
  6. Meningkatkan efisiensi dalam operasi perusahaan.
  7. Meningkatkan reputasi perusahaan dan membantu dalam upaya pemasaran.
  8. Mempermudah perusahaan dalam mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko
  9. Membantu perusahaan mencapai keunggulan kompetitif
  10. Meningkatkan profitabilitas dan memenuhi harapan pelanggan dan mitra
iso akreditasi kan

JASA SERTIFIKASI ISO TERPERCAYA – PT MSI

PT MSI (Multi Sertifikasi Indonesia) adalah penyedia jasa sertifikasi ISO dan SMK3 dengan keunggulan yang sangat banyak, kami merupakan lembaga sertifikasi TERBESAR se-Indonesia dengan total 22 Ruang Lingkup dan 4 Skema ISO yang telah Terakreditasi KAN.

Dengan pencapaian tersebut tentunya menjadikan Kami jasa sertifikasi ISO yang sangat dipercaya oleh Ratusan Perusahaan Swasta, Asosiasi Besar dan Instansi Pemerintah di Indonesia. Seringkali, Perusahaan-perusahaan tersebut yang ingin mendapatkan sertifikasi ISO akan bekerja sama dengan PT MSI karena kami telah terakreditasi KAN dan memiliki pengetahuan serta pengalaman dalam melakukan audit sesuai dengan standar ISO yang berlaku. PT MSI akan mengeluarkan sertifikat resmi yang terakreditasi KAN dan berlaku selama periode 3 tahun (Surveilance I, Surveilance II, Re-Sertifikasi).

iso akreditasi kan

Skema ISO di PT MSI

ISO 9001 : 2015 (Sistem Manajemen Mutu)
ISO 14001 : 2015 (Sistem Manajemen Lingkungan)
ISO 45001 : 2018 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja)
ISO 37001 : 2016 (Sistem Manajemen Anti Penyuapan)

Jadilah bagian dari Kami dan pertimbangkan untuk mencari Jasa Sertifikasi ISO terpercaya dan harus resmi terakreditasi KAN agar dapat membantu Anda mencapai standar tertinggi dalam bisnis.

Silahkan hubungi Kami untuk mendapatkan penawaran dan promo menarik lain terkait Sertifikasi ISO dan SMK3

Marketing Executive : 0811-2620-515
Email : marketing@multisertifikasi.co.id

Ikuti juga social media resmi kami untuk update informasi baru yang tentunya menambah wawasan Anda terkait Sertifikasi ISO dan SMK3

Instagram : @multisertifikasi
Facebook : Multi Sertifikasi Indonesia
LinkedIn : Multi Sertifikasi Indonesia