Kepercayaan pelanggan dan mitra adalah salah satu hal yang diutamakan oleh para pelaku bisnis dan usaha terutama untuk Perusahaan di kota Surabaya dan Jakarta. Cara meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mitra dalam berbisnis sangat perlu dilakukan, hal itu merupakan pondasi terciptanya sebuah hubungan ataupun kerjasama yang baik di kemudian hari. Namun, untuk mendapatkan kepercayaan tersebut tentu tidak mudah dan instan dalam satu pelaksanaan. Perlu strategi berkelanjutan agar produk kamu dipercaya dan selalu menjadi bahan pembicaraan konsumen.
Penerapan ISO dalam dunia industry dapat mendongkrak kepercayaan bahkan reputasi dengan pelanggan dan Mitra bisnis khususnya di kota besar seperti Surabaya dan Jakarta, berikut beberapa ISO yang harus ada di Perusahaan Kamu :
ISO 9001
Tujuan utama dari versi ini adalah menaikkan efektivitas manajemen mutu dengan memanfaatkan pendekatan proses.
Pendekatan proses mengedepankan aktivitas identifikasi, penerapan, pengelolaan, dan peningkatan berkesinambungan.
ISO 14001
ISO 14001 merupakan standar yang menitikberatkan kepada manajemen lingkungan. Pihak yang mengadopsi ISO 14001 harus dapat menelaah dan memahami aspek serta efek lingkungan yang muncul akibat kegiatan operasional perusahaan.
Faktor-faktor yang harus dipahami dan dilaksanakan pengadopsi jenis ini adalah manajemen limbah dan pengelolaannya, dan usaha mencapai efisiensi energi juga bahan bakar.
ISO 22000
ISO 22000 merupakan standar yang berhubungan dengan sistem tata kelola keamanan pangan.
Pebisnis yang bidang usahanya berkutat pada bidang makanan dan minuman, diharuskan memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan konsumen.
Akibatnya bisnis makanan dan minuman tersebut haruslah menaikkan kontrol internal terutama pada bidang produksi.
Setiap produk makanan dan minuman semestinya memiliki rencana proses dan pengendalian resiko.
ISP/IEC 27001
ISP/IEC 27001 merupakan standar sistem manajemen keamanan informasi. Beberapa pihak juga mengenalnya dengan nama Information Security Management System (ISMS).
Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi merupakan pengadopsi utama standar ini.
Sertifikasi Jurnal telah diberikan langsung oleh Grup British Standards Institution (BSI) yang merupakan badan standarisasi Inggris dan bekerja sama dengan Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan ANSI-ASQ National Accreditation Board (ANAB).
ISO TS 16949
ISO TS 16949 merupakan spesifikasi teknis yang dikeluarkan sebagai sistem manajemen mutu pada industri otomotif.
Jenis ini mempunyai konsep perbaikan berkelanjutan, kontrol rantai pemasok, juga tindakan perbaikan dan pencegahan.
ISO/IEC 17025
ISO/IEC 17025 merupakan standar yang berhubungan dengan tata kelola lembaga pengujian dan laboratorium. Fokus utama yang ditekankan oleh ini adalah kompetensi laboratorium dan kalibrasi.
Poin vital keberadaan jenis ini adalah memastikan keakuratan hasil pengujian terkait bidang perdagangan, produksi, kesehatan, dan perlindungan pelanggan.
ISO 28000
ISO 28000 merupakan standar sistem keamanan supply chain atau rantai pasokan. Pengadopsi standarisasi ini adalah perusahaan-perusahaan yang mempunyai tingkat ancaman resiko tinggi.Contohnya saja seperti perusahaan manufaktur alat-alat berat, pertambangan, perbankan, fasilitas umum, dan lain sebagainya.
ISO 5001
ISO 5001 merupakan standar yang ditetapkan sebagai sistem manajemen energi. Tujuan utamanya adalah membantu berbagai lembaga untuk membangun sistem dan proses pemanfaatan energi.Misalnya dalam kinerja, efisiensi, juga konsumsi energi. Standarisasi ini dirancang sebagai standar yang dapat diaplikasikan dengan standar lain, sehingga penerapannya dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang usaha.
Selain itu beberapa tips ini dapat menjadi salah satu cara untuk Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis:
Komunikasi yang baik
Komunikasi yang baik adalah solusi mendasar yang dapat membangun hubungan dengan pelanggan. Tidak peduli seberapa menyebalkan pelanggan kamu, kamu harus tetap menjadi solusi terbaik bagi mereka. Mulai terapkan ilmu komunikasi yang baik kepada karyawan, pastikan mereka memberikan tanggapan yang cepat terhadap segala kritik dan saran bagi pelanggan.
Loyal terhadap pelanggan
Pelanggan mengharapkan yang terbaik dari produk ataupun jasa yang mereka beli dari kamu. Jika kamu berhasil membuat pelanggan merasa puas dengan kualitas barang dan jasa, maka mereka akan memberikan rekomendasi kepada calon konsumen lain dan menceritakan pengalamannya berbelanja/ menggunakan jasa kamu. Untuk membuat pelanggan mengingat kamu, kamu bisa memberikan keloyalan dalam memberi jasa, seperti contoh: mengantarkan jasa produk lebih cepat dari dugaan, memberikan packaging dan kartu ucapan terimakasih kepada pelanggan.
Meminta kitik dan saran
Hal ini sangat jarang diaplikasikan kepada pelanggan karena alasan yang beragam. Namun, dengan berani menyatakan untuk memberikan kritik dan saran bagi pelanggan, pelanggan akan lebih respect terhadap produk dan jasa yang kamu berikan. Selain itu kritik dan saran tentunya berfungsi untuk membuat bisnis kamu tambah berkembang setelah berhasil menutupi kekurangan yang diberikan masukan oleh para konsumen. Pastikan untuk selalu mendengarkan setiap komentar yang ada dan tanggapi sesegera mungkin, termasuk komentar negatif yang mereka berikan.
Jujur dan tebuka
Bersikaplah adil terhadap pelanggan, cobalah untuk menjadi pelanggan jujur dan terbuka. Jika kamu melakukan kesalahan ada baiknya mengutarakan langsung dan segera tutupi kesalahanmu dengan memberikan komplimen barang agar mereka bisa menghargai dan menerima kesalahanmu. Jangan sampai konsumen merasa kecewa atau dibohongi, karena jika mereka satu kali merasakan hal buruk tentu selamanya mereka tidak akan percaya dengan bisnismu.
Tunjukan kamu adalah seorang profesional di bidangnya. Lakukan dengan cara, bertutur kata dengan baik, pemilihan bahasa yang baik dan sopan, menyelesaikan tugas tepat waktu, pelayanan yang sesuai SOP dan penampilan yang sesuai. Dengan begitu kamu akan terlihat profesional dan kepercayaan konsumen akan meningkat seiring waktu.
Sementara cara untuk meningkat kepercayaan bisnis terhadap mitra dapat dilakukan dengan cara berikut:
Bayar tagihan tepat waktu
Perlu diingat, bahwa supplier juga menjalankan bisnis yang membutuhkan dana untuk bertahan dan menjaga cash flow. Sama seperti kita, mereka tentu tidak senang saat pembayaran ditunda-tunda. Karenanya, sebisa mungkin selalu bayar tagihan yang diberikan supplier secara tepat waktu. Dengan begini, kita juga bisa mempertahankan pencatatan keuangan dan reputasi yang baik di mata mitra bisnis.
Selalu berikan informasi yang jelas dan tepat
Kepercayaan bisa tumbuh melalui komunikasi yang baik antara dua belah pihak. Karenanya, saat kita membeli produk maupun jasa dari pihak mitra atau supplier, jangan lupa untuk menyampaikan informasi kebutuhan yang jelas dan tepat. Hal ini wajib dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang akhirnya berujung pada tidak tepatnya pemenuhan kebutuhan barang dan jasa.
Konsisten menjaga kualitas dan pelayanan
Jika kita memiliki track record pelayanan dan produk yang baik, tentu pihak mitra juga akan semakin percaya bekerjasama dengan kita. Tak hanya menjaga hubungan baik, konsisten menjaga kualitas juga mampu menarik klien baru. Sebab, tidak menutup kemungkinan mitra bisnis akan mempromosikan bisnis kita ke pihak-pihak baru.
Tawarkan harga atau promo yang menarik
Pihak mitra maupun klien tentu akan lebih senang jika kita kerap menawarkan harga dan promosi yang bisa menguntungkan mereka. Selain menjaga rantai bisnis tetap berjalan dengan konsisten, hal ini juga bisa mempererat hubungan kita dengan mitra sekaligus membuat mereka lebih percaya memasok produk dari pihak kita
Setelah kita menemukan mitra bisnis yang tepat, jangan lupa untuk membangun hubungan yang baik untuk menjaga kelangsungan bisnis kita. Untuk menjaga loyalitas mitra, kita harus menjaga karakteristik produk atau jasa yang kita tawarkan. Pahami kebutuhan mitra kita dari semua sudut, sehingga kita dapat menjaga hubungan dengan mereka dan untuk meningkatan kepercayaan mitra sama seperti meningkatkan kepercayaan pelanggan. Namun, hal yang paling penting untuk mitra adalah sebuah REPUTASI. Hal tersebut menjadi satu hal lain yang penting untuk dicari, dijaga, dan dipertahankan.
ISO memiliki sejumlah manfaat yang berguna baik bagi perusahaan maupun pelanggan atau konsumen, antara lain: pondasi dari kegiatan perbaikan yang berlanjut demi kepuasan pelanggan, manajemen mutu yang jelas dan sistematik, praktek manajemen yang lebih efektif dan efisien karena adanya otoritas dan tanggung jawab yang jelas terhadap orang yang berkaitan dengan kualitas proses dan produk, pedoman untuk melakukan segala hal dengan benar setiap saatnya dan meningkatkan produktivitas, efisiensi, mutu, dan kemampuan berkompetensi dari perusahaan. Hal itu berkaitan dengan reputasi yang baim dalam meningkatan kepercayaan pelanggan dan mitra bisnis
Reputasi yang baik mungkin bisa ditunjukan dari testimoni pelanggan dan mitra sebelumnya, yang tentunya memberikan keuntungan. Namun reputasi yang buruk? Reputasi yang buruk sayangnya akan berkembamg jauh lebih cepat dari reputasi baik. Dan sayangnya pula, reputasi buruk ini bisa dengan mudah mengalahkan reputasi baik dan segala hal lain yang sudah berusaha Anda dapatkan. Karena itu, demi mendapatkan reputasi baik ini, pastikan tidak melakukan kecurangan pada pelanggan dan mitra untuk menjaga dan memastikan kepuasan karena demi mendapatkan nama dan reputasi yang benar-benar terpercaya pastinya.
Bagi Anda pemilik usaha yang sedang mencari Lembaga Sertifikasi yang terpercaya dan terakreditasi KAN, apalagi Perusahaan anda berada di daerah JABODETABEK dan Surabaya (Jawa Timur) silahkan hubungi PT Multi Sertifikasi Indonesia, untuk membantu anda mendapatkan sertifikasi dengan mudah karena kami sudah dipercaya oleh berbagai Perusahaan di seluruh Indonesia dan auditor kami sudah tersebar di berbagai wilayah khususnya JABODETABEK dan Surabaya (Jawa Timur)
Informasi Lebih Lanjut :
Vira Executive Marketing PT MSI | 0811-2620-515
Sosial Media :
Email | marketing@multisertifikasi.co.id
Instagram | @multisertifikasi
Facebook | Multi Sertifikasi Indonesia
LinkedIn | Multi Sertifikasi Indonesia