ISO 9001:2015 ATAU Sistem Manajemen mutu merupakan standar internasional untuk sertifikasi sistem manajemen mutu. Sistem Manajemen Mutu merupakan kemampuan yang dimiliki perusahaan dalam menjaga kualitas dari produk yang dimilikinya. Artinya Ketika perusahaan sudah memiliki sertifikasi ISO 9001, maka secara umum produk yang dijual atau diproduksi sudah memiliki kualitas yang terjamin dengan standar jelas.
Manajemen mutu bermanfaat bagi perusahaan secara internal terutama untuk menjamin barang atau jasa yang dihasilkan sesuai standar. Perusahaan yang memiliki jaminan mutu kualitas produk akan memiliki keunggulan dalam persaingan pasar dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memiliki standar manajemen mutu.
Dalam menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 ini, juga dapat memastikan konsistensi mutu sebuah produk dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan perusahaan ataupun pelanggan dan mencegah terjadinya kegagalan mutu produk atau jasa sepanjang proses produksi. Penerapan Standar Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015 bisa juga diterapkan pada bidang yang menghasilkan jasa seperti rumah sakit, instansi pendidikan, hiburan, transportasi dan bidang usaha jasa lain.
7 Prinsip Sertifikasi ISO 9001 : 2015
1. Fokus Pelanggan.
Memberikan pelayanan sepenuhnya kepada pelanggan dengan memberikan kebutuhan yang sesuai atau bahkan melebihi keinginan atau harapan konsumen untuk mencapai kepuasan pelanggan.
2. Kepemimpinan.
Pimpinan yang ada di perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap target perusahaan dengan melakukan pengelolaan dan pemberdayaan dengan baik.
3. Keterlibatan Sumber Daya Manusia.
Untuk mengelola organisasi secara efektif dan efisien, semua orang pada semua orang perlu dilibatkan. Pengakuan, pemberdayaan, dan peningkatan keterampilan dan pengetahuan memfasilitasi pelibatan orang dalam pencapaian sasaran organisasi / perusahaan.
4. Pendekatan Proses Bisnis.
Hasil yang konsisten dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien saat aktivitas dipahami dan dikelola sebagai proses yang saling terkait yang berfungsi sebagai suatu sistem yang terpadu. Sistem manajemen mutu terdiri atas proses yang saling terkait.
5. Peningkatan yang terus menerus.
Organisasi yang sukses terus-menerus menekankan pada perbaikan. Perbaikan penting bagi organisasi untuk memelihara tingkat kinerja saat ini, untuk menanggapi perubahan kondisi internal dan eksternal, serta untuk menciptakan peluang baru.
6. Pengambilan keputusan secara factual.
Keputusan berdasarkan analisis dan evaluasi data dan informasi lebih berpeluang untuk mencapai hasil yang diinginkan. Diperlukan pemahaman terhadap hubungan sebab dan akibat serta potensi dampak yang tidak diinginkan. Fakta, bukti, dan analisis data meningkatkan objektivitas dan kepercayaan dalam pengambilan keputusan.
7. Hubungan Baik dengan Stakeholder.
Mengelola hubungan yang baik antar pihak-pihak di perusahaan misalnya pemasok, karyawan, mitra bisnis, dan lainnya akan mempertahankan perusahaan dengan kesuksesannya dan mampu bersaing.
Jelas, beberapa fungsi dimiliki dari sertifikat ISO ini sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Citra yang Baik di Kalangan Bisnis
Memiliki citra yang baik di kalangan bisnis bisa membantu perusahaan menjalin kerjasama dengan lebih mudah. Dengan citra yang baik maka perusahaan bisa melakukan negosiasi yang lebih efektif demi keuntungan perusahaan. Citra baik muncul di kalangan pelanggan, karena secara percaya diri bisa menyatakan bahwa standar kerja yang dimiliki benar-benar terverifikasi resmi dengan ISO 9001 ini. Pelanggan yang memahami hal tersebut akan meningkat loyalitasnya, sehingga jadi pelanggan setia dan terus melakukan pembelian berulang.
2. Menekan Tingkat Kesalahan pada Produksi
Karena sudah berlandaskan dengan standar yang sesuai dengan ISO 9001, maka secara teknis tentu pelaksanaan produksi juga sudah lebih baik. Kesalahan dalam proses produksi bisa diminimalisir hingga titik terendah, sehingga kerugian akibat kesalahan teknis bisa dikurangi. Serhingga akan berpengaruh baik pada produk yang dihasilkan. Proses produksi yang optimal akan menghasilkan produk yang berkualitas pula.
3. Kualitas Produk Setara Standar Internasional
Ketika suatu perusahaan berhasil meraih sertifikat ISO 9001, maka dapat dipastikan produk yang dmiliki memenuhi kualifikasi untuk dipasarkan secara internasional. Sehingga kualitas produk yang dihasilkan terjamin. Semakin baik kualitas produk maka semakin puas pula pelanggan saat menggunakannya. Lebih lanjut, produk bisa dipasarkan ke area yang lebih luas, karena secara internasional sudah memenuhi standar yang ditetapkan ISO ini.
4. Meningkatkan Standar Efisiensi Perusahaan
Tak hanya dari segi output berupa produk yang kualitasnya meningkat, ISO 9001 juga bisa membantu meningkatkan standar kinerja perusahaan. Tentu, tak ada perusahaan yang bisa menghasilkan produk berkualitas tanpa sistem kerja yang handal. Perusahaan secara langsung akan merasakan peningkatan standar kinerja yang dimiliki, sehingga setiap bagian bisa memberikan performa terbaik untuk kemajuan perusahaan. Perlahan namun pasti, perusahaan akan memiliki standar yang lebih tinggi untuk banyak hal. Ini akan jadi pertanda baik sebab artinya perusahaan terus berkembang dan tumbuh ke arah positif.
Untuk mendapatkan manfaat yang menguntungkan ISO 9001:2015 bagi Perusahaan Anda, maka Sertifikasikan ISO 9001:2015 di PT MSI.
Prosesnya lebih mudah, Layanannya lebih responsive dan sudah tersertifikasi KAN. Sehingga sudah terjamin kevalidan dan kredibilitas nya
Mengapa Harus Pakai Jasa Sertifikasi ISO di MSI?
PT MSI (Multi Sertifikasi Indonesia) adalah lembaga sertifikasi yang menjual jasa sertifikasi dengan keunggulan yang sangat banyak, kami juga telah masuk kedalam Top 5 lembaga jasa sertifikasi terbaik yang terakreditasi KAN. Maka dari itu, jadilah bagian dari perubahan positif dalam bisnis Anda bersama PT MSI! Kami bangga menjadi lembaga yang resmi terakreditasi oleh KAN, dengan menghadirkan keandalan dan kualitas tinggi dalam layanan kami.
Kami menawarkan 4 Skema ISO yang telah terakreditasi oleh KAN antara lain :
ISO 9001 : 2015 | Sistem Manajemen Mutu
ISO 14001 : 2015 | Sistem Manajemen Lingkungan
ISO 45001 : 2018 | Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja
ISO 37001 : 2016 | Sistem Manajemen Anti Penyuapan
PT MSI juga memiliki 22 Ruang Lingkup yang telah terbukti memenuhi standar Akreditasi KAN. Kepercayaan perusahaan besar dan asosiasi di seluruh Indonesia menjadi bukti nyata akan kredibilitas kami. Selain itu, tim auditor berpengalaman kami tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yang siap membantu Anda mencapai standar kualitas tinggi dan diakui secara global. Bergabunglah dengan PT MSI sekarang, dan bersama-sama kita tingkatkan reputasi bisnis Anda, tingkatkan efisiensi operasional, dan buka pintu menuju peluang yang lebih besar di pasar internasional. Sertifikasi ISO bukan lagi impian, tetapi kenyataan yang dapat Anda capai bersama PT MSI.
Untuk Permintaan Penawaran terkait Sertifikasi ISO 9001 atau ISO lainnya, silahkan hubungi kami di nomor dibawah ini :
Vira Executive Marketing PT MSI | 0811-2620-515
Email Kami :
Email | marketing@multisertifikasi.co.id
Sosial Media Kami :
Email | marketing@multisertifikasi.co.id
Instagram | @multisertifikasi
Facebook | Multi Sertifikasi Indonesia
LinkedIn | Multi Sertifikasi Indonesia